Cara Makan Kepiting Ternyata Gampang

Cara Makan Kepiting – Kepiting atau ketam merupakan binatang dari species Krustasea berkaki sepuluh, dari infraordo Brachyura karena memiliki ekor sangat. Di Indonesia, kepiting terbilang makanan yang mewah, karena harganya mahal dan rasanya yang lezat, serta memiliki kandungan gizi yang melimpah, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap Cara Makan Kepiting dengan berat 100 gram, diketahui bahwa bagian tubuh yang bisa dikonsumsi hanya sekitar 45%. Meski cukup sedikit yang bisa dikonsumsi, namun kandungan gizinya sangat besar.
Baca juga: Cara Makan Sushi
Kandungan Vitamin B12 yang terdapat pada Cara Makan Kepiting dapat memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Dan protein, Vitamin B12, dan Mineral Zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sedang Vitamin B12 dan Mineral Zinc membantu memproduksi sel-sel darah merah.
Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting, juga memiliki khasiat untuk membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga berguna dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.
Selain mengandung sejumlah manfaat protein yang tinggi, kepiting juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).
Bagi ibu hamil dan menyusui, mengkonsumsi kepiting 1 sampai 2 kali dalam seminggu, dapat membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi. Kadar proteinnya yang tinggi serta komponen asam lemak Omega – 3nya, baik untuk perkembangan janin dan bayi.
Namun meskipun kandungan gizi kepiting terbilang kompleks dan manfaatnya cukup banyak untuk kesehatan tubuh, kepiting juga mengandung kontaminan seperti logam berat, dioksin dan merkuri, yang berbahaya jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan.

Cara Makan Kepiting dengan Tangan

  1. Gunakan double – boiler atau panci kukus untuk memasak kepiting. Rebus air dan masukkan kepiting di atas kukusan, pastikan kepiting yang akan dimasak masih hidup untuk menjamin kesegarannya.
  2. Usahakan agar kepiting hanya terkena uap air, bukan direbus. Jika kepiting direbus, air panas akan membuat cangkangnya retak sehingga daging kepiting semakin lembab dan basah.
  3. Setelah kepiting matang, angkat kepiting lalu pindahkan ke meja dapur yang telah dilapisi kertas koran. Cara ini memudahkan pembersihannya.
  4. Untuk melepaskan kaki kepiting, tambahkan bumbu khusus seafood seperti Old Bay di atas kepiting. Copot kaki – kaki kecilnya, lepaskan bagian kecil yang menonjol jika tidak menyukainya. Copot pula capitnya.
  5. Untuk Memisahkan daging dan cangkang, pegang kepiting dari belakang dengan satu jempol pada cangkang dan s satu jempol lagi pada tubuh kepiting, dan pisahkan seperti membuka buku. Lepaskan cangkang bagian atas dan ambil beberapa juice yang menempel pada cangkang. Setelah kepiting terbuka, maka akan terlihat insang yang harus dibuang karena tidak dapat dimakan.
  6. Patahkan tubuh kepiting. Pegang dengan kuat salah satu patahan tubuh kepiting dan patahkan lagi menjadi dua bagian. Lakukan yang sama pada patahan lainnya, karena masih ada daging kepiting yang tersembunyi di dalam tubuh kepiting yang terlindungi cangkang bawah.
  7. Ada banyak daging yang bisa diambil lalu dimasak. Daging dari kantong besar merupakan bagian terbaik dari kepiting. Kamu bisa langsung memakannya karena telah dibumbui.  Jika ingin lebih kreatif, olah daging menjadi menu lain seperti patty burger atau masak semur.
  8. Capit yang telah dilepaskan tadi memiliki daging di dalamnya. Nah, untuk mengambil daging di capit, kamu harus menggunakan alat khusus atau palu untuk meretakkan cangkang capit. Keluarkan daging secara hari-hati atau menarik dagingnya langsung dengan gigi.

Sumber: CaraMakan.net

Please share it to your friends 😉
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Wayan Sidartahttps://wayansidarta.com/
Saya hanyalah orang biasa yang hobi travelling dan fotografi (newbie). Menulis, memotret, dan menikmati keindahan alam adalah bagian dari hidup saya.

Related Stories

Discover

Promo Gratisan Chatime Plus Free Ongkir

Ada yang mau gratisan? Haha gw juga mau kalau gratisan. Nih gw info promo...

Begini Kondisi Kebun Binatang Surabaya Sekarang

Hello readers, gw lagi rajin nulis blog nih supaya nggak nganggur aja ini blog...

Pengalaman Seru di Mom N Jo Surabaya

Hari Minggu tanggal 11 Maret 2018, anak gw lahir. Gw kasih nama dia Kyuubi...

Begini cara mudah posting ke Instagram Stories LANGSUNG dari...

Berdasarkan katadata.co.id pada pertengahan tahun lalu, hampir semua pengguna Instagram melihat postingan instastory terlebih...

Boikot Traveloka, Gunakan E-Bali

Beberapa hari ini saya melihat banyak sekali warganet yang membicarakan tentang boikot Traveloka, kira-kira...

Belajar Bahasa Bali

Belajar bahasa Bali itu sebenarnya cukup mudah, apalagi jika kalian tinggal di Bali, tentu...

Popular Categories

Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Please share it to your friends ;)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •